Jumat, 23 Desember 2011

Beberapa hal yang dapat membuat kita berpikir positif

Berpikir positif tidak selalu mudah, terutama ketika kita menghadapi masa-masa sulit. Kesehatan yang buruk, kehilangan jabatan, masalah keluarga, merupakan hal yang banyak dihadapi dan terkadang menyulitkan kita untuk berpikir positif. Dibawah ini ada beberapa teknik yang dianjurkan yang mungkin dapat kita terapkan sehingga kita tetap dapat berpikir positif :
1.Belajar, Membaca dan mendengar setiap hari. Usahakan setiap hari selepas bangun tidur, kita membaca hal-hal yang positif, mendengarkan hal-hal yang dapat memotivasi dan mencari tantangan dan perjalanan yang baru. Banyak sumber – sumber yang menawarkan nasehat dan membantu kita untuk belajar mengembangkan pemikiran positif.
2.Optimis. Martin Seligman, seorang psikolog menyebutkan bahwa orang-orang yang berpikir lebih positif dapat mengembangkan kemampuan menghentikan pemikiran negative. Jangan pernah mengatakan “tidak ada jalan keluar”, atau “sialnya aku”. Karena orang-orang yang berpikir positif selalu berusaha mencari jalan keluar untuk setiap permasalahan. Mereka tidak terseret pada pemikiran ke arang yang buruk. Kehidupan ibarat sebuah gelas yang berisi setengah air. Selalu ada hari-hari yang lebih baik. Kepercayaan dan harapan adalah setengah dari pertempuran dalam kehidupan.
3.Rasa syukur. Rasa syukur dapat membuka kecantikan, ketenangan dan mengembangkan pikiran. Rasa syukur juga memberikan kenyamanan dengan selalu melihat sisi baik dari semua yang kita dapatkan. Jika kita kehilangan banyak dari yang kita miliki, setidaknya kita dapat bersyukur atas apa yang masih dapat kita kenakan. Selalu ada hal yang dapat kita syukuri dan selalu aka nada seseorang yang dapat kita berikan ucapan terimakasih atas hal-hal yang mempengaruhi kehidupan kita.
4.Bertanggungjawab, dan bukan menyalahkan. Menyadari dan menerima semua hal, baik kesalahan yang telah kita perbuat, yang bahkan membuat kita terperosok di dalamnya. Kita bertanggung jawab untuk keluar dari setiap permasalahan yang ada. Permasalahan selalu ada di sekitar kita, tetapi kita akan dapat mengendalikan hidup kita lagi selama kita merasa sepenuhnya bertanggungjawab atas kehidupan kita sendiri.
5.Jangan mengikuti emosi negative yang mendatangi kita. Disaat kita dihajar oleh permasalahan, selalu tanamkan harapan dalam pikiran kita. Coba berpikir kebelakang, menganalisa apa yang salah, membuat rencana perubahan untuk melanjutkan kehidupan. Dunia mungkin tidak adi dan situasi kita mungkin seolah-olah akan seperti saat ini selamanya, tetapi setiap pengalaman akan membawa kita untuk menjadi orang yang lebih bijaksana, setiap kesulitan akan membawa kita pada kesuksesan yang lebih besar. Sesuatu hal yang sama terkadang adalah kesempatan yang tersembunyi saat kita mambu melihat kebelakang dan mempelajari kesalahan.
6.Ketekunan. Banyak orang tidak dapat meraih sukses dan kebahagiaan karena mereka menyerah setelah mencoba berkali-kali atau saat mengetahui ada permasalahan. Terkadang kita perlu mencoba dua kali, puluhan kali sebelum kita mencapai tujuan utama kita. Sukses hanyalah selangkah, atau mungkin beberapa langkah didepan kita. Jadi jangan pernah menyerah.

"dont ever give up, because we'll never know whats the future bring until we through it"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar